Apa itu Seo, Dan Bagaimana Sejarahnya? Selengkapnya Ada DI SINI

Apa itu Search Engine Optimization [SEO]



Search Engine Optimization atau yg biasa disingkat SEO merupakan serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yg bertujuan buat menaikkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu menggunakan memanfaatkan prosedur kerja atau algoritme mesin pencari tersebut. Tujuan berdasarkan SEO merupakan menempatkan sebuah situs web dalam posisi teratas, atau setidaknya laman pertama hasil pencarian dari kata kunci tertentu yg ditargetkan. Secara logis, situs web yang menempati posisi teratas pada output pencarian mempunyai peluang lebih akbar buat mendapatkan pengunjung.

Sejalan menggunakan makin berkembangnya pemanfaatan jaringan internet menjadi media usaha, kebutuhan atas SEO jua semakin meningkat. Berada dalam posisi teratas hasil pencarian akan menaikkan peluang sebuah perusahaan pemasaran berbasis web untuk mendapatkan pelanggan baru. Peluang ini dimanfaatkan sejumlah pihak buat memberikan jasa optimisasi mesin pencari bagi perusahaan-perusahaan yang mempunyai basis usaha di internet.

Bagaimana Sejarah SEO dari Waktu ke Waktu

Menurut Danny Sullivan, kata search engine optimization pertama kali digunakan pada 26 Juli tahun 1997 sang sebuah pesan spam yang diposting di Usenet. Pada masa itu algoritme mesin pencari belum terlalu kompleks sebagai akibatnya mudah dimanipulasi.

Versi awal algoritme pencarian didasarkan  sepenuhnya dalam keterangan yg disediakan sang webmaster melalui meta tag dalam kode html situs web mereka. Meta tag menyediakan kabar tentang konten yg terkandung pada suatu laman web menggunakan serangkaian kata kunci (keyword). Sebagian webmaster melakukan manipulasi menggunakan cara menuliskan katakunci yang tidak sesuai dengan konten situs yg sesungguhnya, sehingga mesin pencari keliru menempatkan & memeringkat situs tersebut. Hal ini menyebabkan hasil pencarian menjadi tidak seksama dan menimbulkan kerugian baik bagi mesin pencari juga bagi pengguna internet yang mengharapkan keterangan yang relevan & berkualitas.

Larry Page & Sergey Brin, dua mahasiswa doktoral ilmu personal komputer  Universitas Stanford, berusaha mengatasi perseteruan tersebut menggunakan membangun Backrub, sebuah mesin pencari sederhana yang mengandalkan perhitungan matematika buat memeringkat laman web. Algoritme tadi, yang dinamakan PageRank, merupakan fungsi matematika yang kompleks berupa kombinasi antara perhitungan jumlah link yang mengarah dalam suatu laman web menggunakan analisis atas kualitas masing-masing link tersebut.

Berdasarkan prinsip kerja PageRank, secara generik sanggup dikatakan bahwa laman web yg memperoleh peringkat tinggi merupakan halaman web yg poly di-link sang laman web lain. Nilai PageRank pula akan meningkat jika laman web yang mengarah kepadanya pula mempunyai kualitas yg tinggi. Nilai sebuah link berdasarkan situs berkualitas tinggi misalnya Yahoo! Atau DMOZ bisa bernilai lebih tinggi daripada kombinasi nilai link menurut seratus situs web berkualitas rendah.

Backrub hanyalah sebuah permulaan. Pada tahun 1998 Page & Brin mendirikan Google yg merupakan versi tingkat lanjut dari Backrub. Dalam ketika singkat Google memperoleh reputasi dan agama menurut publik pengguna internet karena berhasil menyajikan hasil pencarian yang berkualitas (tidak dimanipulasi), cepat, dan relevan. PageRank lantas menjadi standar baik bagi mesin pencari lain juga bagi webmaster yang berusaha supaya situs webnya memperoleh nilai PageRank setinggi mungkin sebagai akibatnya menempati posisi tertinggi dalam hasil pencarian.

Sumber diadopsi dari beberapa literatur, salah satunya dari Wikipedia

Baca juga tips seputar kesehatan pasutri di www.hallopedia.com

Komentar